Sistem Operasi Linux Untuk Netbook

netbook linux
David Liu seorang pimpinan eksekutive dari Emeryville, gOS di California mengatakan ia tidak gentar terhadap Microsoft. Ia sungguh optimis bahwa Linux dapat berhasil dalam pasar konsumen, pada "generasi berikutnya" yang digunakan pada sistem operasi netbooks untuk terus menerus meningkatkan penawaran terhadap "pengalaman-pengalaman terbaik". Pada akhirnya, gOS telah meluncurkan versi 3.0 tentangnya memfokuskan sistem operasi Linux yang di kemas dalam Google Gadgets.

Tetapi Liu juga melihat suatu ancaman pada masa datang. Mengapa…OEMs hanyalah untuk penggemar linux dan program ini hanya ditunjukkan untuk netbook serta pengaplikasiannya hanya sebagai duplikat dari sistem operasi Microsoft Windows.
"Model bisnis dari Microsoft akan melakukan penyesuaian kembali terhadap aplikasi untuk netbook" kata Liu. "Kita dapat membuat sistem operasi Linux yang tangguh, tetapi untuk saat ini program ini merupakan sebuah Windows kecil. Kemajuan komputer di dunia akan terus berkembang."
Liu setuju bahwa membuat konsumen tertarik sangatlah sulit karena saat ini posisi Windows masih kuat. “Kita telah mencoba melakukan open source ke pada konsumen, namun sangatlah sulit untuk mengubah paradigma yang telah melekat bahwa komputer yang bagus harus menggunakan sistem operasi Windows”, dia menambahkan.
OEMs saat ini sedang mengirimkan lebih banyak model komputer yang terpilih untuk software Linux, tetapi untuk melihat Linux untuk penginstallan masih belum diedarkan secara luas. Pihak kami sedang gencar-gencarnya bekerjasama dengan pembuat komputer seperti Hewlett-Packard, Dell dan Lenovo untuk menginstall sistem operasi mereka menggunakan Linux.
Tuntut Linux untuk saat ini yaitu dengan memfokuskan diri ke pasar pendidikan. HP yang telah meluncurkan mini notebook yang juga dikhususkan bagi pendidikan, pihaknya menyediakan pilihan terhadap sistem operasi yaitu SuSE Linux, Windows XP atau Windows Vista yang akan ditawarkan ke pasaran. Jim Mann seorang strategis dari teknologi HP mengatakan bahwa ada sebagian besar dari esekutif bisnis yang berminat akan membeli produk Linux. Ini berarti perkembangan Linux dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo