Produk Linux Mobile Open Source

linux logo
Berhadapan dengan kompetisi yang lebih besar dan open-sourced dari Symbian Foundation yang baru, LiMo Foundation mempromosikan Linux sebagai suatu sistem operasi mobile yang mengisyaratkan bahwa akan membuka pasar open source handset.

Kelompok Linux mengumumkan pada hari Senin dengan penandatanganan 11 perusahaan anggota baru dalam minggu-minggu ini dan nantinya mobile device akan berjalan pada LiMo OS yang berjumlah 21 perusahaan open source.
“Kombinasi penguasaan model LiMo yang transparan dengan pengembangan model yang seimbang dan warisan dari mobile industri," kata Morgan Gillis, direktur eksekutif LiMo Foundation.
Motorola, Panasonic, dan NEC serta semua ponsel LiMo-based akan memperkenalkan produk ini pada hari Senin. Pada saat itu juga mereka akan memperkenalkan beberapa mitra barunya. Termasuk didalamnya daftar nama yang telah mereka miliki, tetapi indikasinya menunjukkan bahwa LiMo akan melanjutkan mengumpulkan industri-industri kuat untuk mendukung adanya perubahan penting dalam moblie OS landscape yang memberi bahan diskusi Nokia terhadap pembelian Symbian dan mengalihkan teknologinya menggunakan komuntias open source pada bulan juni.
Anggota LiMo baru termasuk di dalamnya Cellon, Esmertec, Freescale Semiconductor, Movial, telekomunikasi Italia dan ZTE. Yang menjadi pertanyaannya adalah cukupkah saham LiMo di pasaran dapat melewati angka yang signifikan. Saat ini Symbian memimpin saham pasar mobile OS sebesar 65 persen, yang diikuti oleh saham pasar Microsoft sebesar 12 persen, RIM 11 persen dan Apple 7 persen bedasarkan penelitian dari group Canalys. LiMo Foundation dipasaran hanya mendapatkan andil sebesar 5 persen, kata sorang peneliti.
Adanya diskusi open source yang dilakukan oleh Symbian dan mempunyai jaringan partner perangkat keras blue-chip, termasuk juga perusahaan LiMo yang akan membuat naik saham mobile open source.
Strategi Symbian pada bulan Juni yang dikatakan VP John Forsyth kepada InformationWeek "kita ingin membuat hal ini menjadi terwujud dengan menggunakan sistem operasi planet." Symbian Foundation sekarang termasuk di dalamnya AT&T, Motorola, Nokia, Sony Ericsson, dan Vodafone.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo