Penghargaan Open Source Software Terbaik Tahun 2008

opensource_logo
San Francisco -Jika ungkapan "open source software" merupakan imajinasi para programmer yang tanpa pamrih bersemangat bekerja sama untuk kepentingan umum, hasil-hasil pengembangan tersebut telah banyak dipakai secara luas untuk berbagai kalangan. Kemampuan untuk pemeliharaan open source software pada masa depan akan semakin dikembangkan.
InfoWorld Test Center menganalisa Penghargaan Open Source Software Terbaik Tahun 2008, untuk merayakan produk terbaik open source yang hadir ditengah-tengah kita. Produk open source memberikan software gratis untuk kalangan bisnis, staf IT dan karyawan.

Pada tahun 2008 ini pemenang dikategorikan sebanyak 60 produk dalam delapan kategori: aplikasi-aplikasi perusahaan seperti CRM, ERP, BI, dan reporting; aplikasi-aplikasi kolaboratif, termasuk e-mail, wiki, dan networking sosial, produktivitas desktop apps dari deretan-deretan kantor ke modeling 3-D, platform-platform dan middleware, termasuk sistem operasi, database, virtualisasi, dan pengintegrasian SOA, alat pengembang dari AJAX dan Internet kaya dengan aplikasi untuk testing web servis dan kendali versi, networking, termasuk monitoring server, routing, Wi-Fi scanning dan perangkat lunak VoIP, perangkat lunak keamanan, termasuk firewall, IDS, enkripsi disk, uji keamanan dan penyimpanan, termasuk monitoring dan administrasi, cadangan dan NAS.
Untuk deretan produktivitas kantor contohnya adalah OpenOffice.org. Untuk pendeteksian penggangguan jaringan menggunakan aplikasi Snort. Dan untuk keamanan log analisa menggunakan Splunk.
Tetapi di dalam kebanyakan kategori-kategori, kompetisi yang beranekaragam membuat pilihan menjadi sulit. Akankah memilih JasperSoft atau Pentaho untuk BI, Scalix atau Zimbra untuk groupware, Compiere atau Openbravo untuk ERP, Bagaimana caranya memilih framework JavaScript terbaik di antara seperti Dojo, Google Web Toolkit, Prototype, Yahoo User Interface, dan banyak pilihan yang lain. Pilih sering kali tidak mudah, tetapi kita memilih aplikasi/software yang cocok bagi kita.
Di dalam hampir setiap kategori, kita menjelajahi dan melangkah dari pengembangan open source merupakan hal yang luar biasa, menarik perhatian dan membuat produk-produk open source berkembang dengan cepat. Beberapa dari pemenang open source tahun 2008 diantaranya seperti Sugar, Alfresco, Asterisk merupakan pemenang Best of Open Source Software Awards 2007.
Para Pemenang dengan jumlah sebanyak 60 dan faktanya bahwa begitu banyak kategori-kategori yang membuat semangat dalam perlombaan, adalah suatu dampak yang luar biasa bahwa kebebasan dan open source software merupakan perangkat lunak yang diminati oleh banyak kalangan.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo