Peluncuran Teknologi Firefox 3.1

firefox_logoMozilla saat ini akan meluncurkan versi Firefox terbarunya yang dapat meningkatkan penggunaan perangkat lunak video software open source. Firefox 3.1 akan diluncurkan tahun depan yang akan mendukung tag HTML yang akan digunakan untuk mengetahui ada tidaknya video pada halaman web. Firefox 3.1 juga mendukung video codec Ogg Theora yang disediakan secara cuma-cuma.

Ketika proses upgrade itu diselesaikan, para pengguna Firefox tidak harus mendownload suatu plugin untuk membuka konten dari Theora. Yang lain mengatakan pengembangannya hanya akan menggunakan tag video untuk menandai konten, hal ini merupakan lebih baik dibandingkan menggunakan JavaScript untuk melihat video.
Video saat ini yang ada di web site menggunakan berbagai macam format dan produk seperti Apple's QuickTime, Microsoft's Windows Media, Adobe's Flash and Real Networks Real Player multimedia players. Plugin yang ada pada Firefox 3.1 ini gratis dan fungsi plugin ini agar kita dapat melihat video dalam berbagai format yang ada. Perusahaan Firefox mendapatkan keuntungannya dari penjualan streaming servers and encoding software.
Video-video yang memiliki format AVI dapat di ubah ke Theora menggunakan VCL, open-source streaming media server, video player dan converter dari the VideoLAN Project. Converter yang lainnya yaitu open-source converter yang disebut ffmpeg2theora.
Software Opera, juga membuat browser yang sama dengan Firefox dan juga mengimplementasi pengambilan video dari tag HTML. Perusahaan Opera mengatakan bulan lalu kami meluncurkan versi terbaru yang dapat mendukung Theora untuk Windows, Linux dan sistem operasi Mac OS X.
Langkah Mozilla dan Opera dapat menjadi serangan balik terhadap Microsoft yang mendominasi pasar browser. Bulan lalu saja Internet Explorer mendapatkan saham dari pasar sebesar 73 persen, firefox hanya 19 persen dan Opera 6.9 persen.
Software Ogg Theora tidak support pada Internet Explorer 7 karena menggunakan spesifikasi compression yang lama dan dibandingkan dengan Adobe Flash 9 yang menggunakan teknologi canggih yaitu H.264 yang dapat digunakan pada Situs web yang terkemuka seperti Google YouTube.


0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo