Beberapa Web site Diblok Pada Olimpiade Beijing

olimpiade-Beijing
BEIJING -Beberapa web site diblok dalam peliputan kompetisi olah raga yang dilakukan di Olimpiade Beijing.
Pemerintah China yang menganut paham komunis secara rutin menyaring warga negaranya dalam mengakses internet, tetapi dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pejabat-pejabat China dalam masalah penggunaan akses internet oleh jurnalis Internasional dalam meliput Olimpiade Beijing tidak akan dibatasi peliputan baik hak akses internet maupun hak akses dalam peliputan ajang olah raga apapun. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan dan perlindungan bagi wartawan yang akan meliput Olimpiade di Beijing.

Sekitar 10 hari yang lalu setelah reporter datang untuk meliput ajang olah raga, mereka menemukan kejanggalan pada akses internetnya. Ada sebagian dari pada web site mereka yang diblok oleh pemerintah Beijing dan ada juga yang melaporkan bahwa terlalu ketatnya perizinan untuk mengakses tempat-tempat bersejarah di China sehingga mereka pun memprotes ke pada IOC. Setelah kejadian itu, pemerintah China akhirnya memperbaiki sistem jaringan internetnya dan membuka lokasi tempat-tempat bersejarah seperti Tiananmen Square.
Pada pencarian informasi di mesin pencarian mengenai gerakan rohani Falun Gong, terdapat pesan eror tetapi tidak membekukan terhadap pencarian namun menunggu beberapa menit untuk mengakses situs ini.
"Pemerintah China menjamin akan menyediakan akses internet gratis kepada para wartawan yang akan meliput Olimpiade Beijing, namun kami akan menindak tegas bagi mereka yang menggangu keamanan dan merusak jaringan internet, kata Wang Wei seorang executive vice president of BOCOG, organisasi komite Olimpiade Beijing.
"Seperti di negeri lain manapun, ada beberapa macam pembatasan-pembatasan," Wang menambahkan. "Bagaimanapun, saya berpikir kita akan menyediakan akses cukup kepada media untuk meliput ajang olah raga Olimpiade."

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo