Terjadinya Gerhana Matahari Total

gerhana matahari dan bulan
Gerhana matahari Total akan melintasi beberapa negara di Asia dan Eropa. Gerhana matahari total ini merupakan yang pertama dalam 2.5 tahun terakhir, sementara di Kanada fenomena ini menjadi yang pertama dalam 26 Februari 1979.

Tanggal 1 Agustus 2008 merupakan tanggal jatuhnya gerhana matahari total yang merupakan fenomena langka. Untuk itu usahakanlah melihat gerhana matahari total ini, namun ada cara khusus untuk melihat kejadian ini. Jika kita melihat dengan mata telanjang ataupun mengunakan kaca mata sun glass mata kita akan rusak sebab retina akan menerima pembiasan radiasi fotosfer yang tidak terlihat mata namun dapat ditangkap oleh retina. Di dalam retina cahaya yang telah tertangkap merubah titik-titik saraf retina sehingga membuat kebutaan permanen pada mata.
Ada 3 macam gerhana matahari:
1. Gerhana Cincin
Gerhana cincin terjadi ketika pada saat gerhana hanya menutup sebagian dari piringan matahari.
2. Gerhana Sebagian
Gerhana sebagian terjadi ketika pada saat gerhana hanya menutup sebagian dari piringan matahari.
3. Gerhana Total
Gerhana matahari total terjadi ketika pada saat gerhana piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan.
Bagi Negara China momentum ini merupakan tanda baik untuk terciptanya pelaksanaan Olimpiade Bejing. China terkenal akan mitos-mitos dan fengshuinya, seakan-akan dengan adanya Gerhana Matahari Total maka memberikan semangat kepada mereka untuk memenangkan perolehan mendali emas sebanyak-banyaknya.
Pakar astronomi memperkirakan gerhana akan dimulai pada pukul 09.23 UT (06.23 WIB) dan berakhir pada 11.20 UT (18.20 WIB). Sementara puncak gerhana terjadi pada 10.21:07 UT (17.21:07 WIB) ketika matahari berada di atas koordinat 65 derajat Lintang Utara (LU) dan 72 derajat Bujur Timur (BT), selama dua menit 27 detik. Dengan waktu yang sebentar ini maka diupayakan adanya sarana pengabadian baik itu melalui kamera maupun video.

Selama lebih dari dua jam, umbra bulan akan melintasi jarak sepanjang 10.200 km, yang meliputi 0,4 persen area permukaan bumi. Dengan sedikitnya area lingkup ini maka bagi negara-negara yang tidak dapat melihat secara langsung maka mereka dapat melihat cuplikan Gerhana Matahari Total di televisi maupun di internet.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo