Persaingan Antara MySpace Dengan Facebook


Persaingan Sengit antara MySpace dengan Facebook yang merupakan situs jaringan sosial terbesar di dunia. Hal ini terjadi karena kedua belah pihak menginginkan situsnya semakin banyak diminati oleh semua orang.

Siapa yang tidak suka apabila webnya dikunjungi oleh orang banyak. Dengan banyaknya kunjungan terhadap situsnya berakibat juga terhadap pendapatan dari iklan. MySpace mengaku bahwa mereka memiliki 115 juta member. MySpace kini bekerja sama dengan aliansi OpenID yang fungsinya yaitu agar para membernya tidak meninggalkan websitenya karena banyaknya situs-situs jaringan sosial yang telah didirikan.
Tujuan dari kerja sama MySpace dengan aliansi Open ID yaitu para member MySpace dapat menampilkan profile online mereka di situs jaringan sosial lainnya tanpa harus mendaftar terlebih dahulu ke situs sosial lainnya. Hal ini akan menguntungkan pihak MySpace, kata seorang juru bicara MySpace menjelaskan dalam pertemuan organisasinya.
Melihat banyaknya persaingan yang ada dan saat ini MySpace akan membuka dua situs baru guna menambah variasi agar tidak bosen dengan fitur-fitur yang telah diberikan oleh MySpace. Kedua situs baru ini yaitu situs Eventful dan Flixster (Komunitas Film).
Bagi mereka yang telah bergabung di MySpace, untuk bergabung dengan kedua situs ini anggota member MySpace tidak perlu mendaftar ulang karena profil mereka sudah tercantum secara otomatis pada kedua situs tersebut. Selain tambahan kedua fitur tersebut saat ini MySpace akan membuat toko musik online dan akan dinamakan MySpace Music.
Dalam membangun toko musik online ini pihak MySpace telah bekerja sama dengan perusahaan musik ternama dan terbesar di dunia seperti Sony BMG, Warner Music Group dan Universal Music Group.
Musik merupakan bahasa universal yang dapat dinikmati oleh orang banyak, meskipun orang tidak mengetahui arti dari musik tersebut namun orang dapat menikmati indahnya suara dan lagu-lagu yang akan didengarnya, kata Amit Kapur seorang operator dari MySpace.
Cara penjualan musik secara online yaitu musik yang akan dijual dengan cara didownload dengan sebelumnya melakukan registrasi dan pembayaran melalui kartu kredit.
Fitur lainnya dalam toko musik online yaitu MySpace menjual nada dering ponsel, tket konser musik dan marchendaise band-band musik. Dengan adanya fitur tambahan ini para pencinta musik dapat memiliki koleksi sebanyak-banyaknya untuk dikoleksi.
Selain berbayar pada toko musik ini, disediakan juga yang gratis juga lho yaitu kita dapat menikmati video streaming namun di dalam tayangan filmnya terdapat iklan yang merupakan penghasilan dari MySpace.
Dengan banyaknya fitur-fitur yang diberikan oleh MySpace pihak Facebook tidak tinggal diam. Facebook memberikan fitur tambahan yaitu mereka meningkatkan sekuriti pada websitenya. Hal ini dilakukan karena pada saat ini sering terjadi “kecolongan” yaitu adanya pengguna websitenya yang usil membuat trojan maupun virus yang di upload dan di sebar luaskan ke pengguna situs lainnya.
Selain itu Facebook juga akan menyimpelkan bentuk halaman situsnya yang akan terlihat simpel dan menarik.

Walaupun keanggotaan Facebook lebih sedikit dibandingkan MySpace, saat ini terjadi peningkatan keanggotaan yang signifikan sebesar dua kali lipat dari tahun sebelumnya, kata Amit Kapur. Kami percaya suatu saat nanti keanggotaan Facebook akan sebanding dengan MySpace.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo