Microsoft MultiPoint dan MightyMice Pengganti OLPC

MultiPoint and MightyMice
ONE Laptop Per Child (OLPC) yang digagas Profesor Nicholas Negroponte merupakan program yang menghadirkan satu laptop untuk setiap siswa di negara miskin dalam hal menaikan kualitas pendidikan dengan memanfatkan teknologi informasi. Dalam perkembanganya OLPC ini mengalami hambatan salah satunya adalah keengganan pemerintah negara berkembang untuk membeli produk OLPC seharga 100 dollar AS setiap unitnya.

Selain itu masalah yang timbul dari produksi OLPC ini adalah kendala tingkat efektivitasnya, lebih efektif setiap siswa belajar dengan satu laptop tetapi belum ada penelitian yang membuktikanya. Alasan yang lain adalah agar para siswa dapa berkolaborasi secara bersama-sama di depan komputer sehingga interaksi kelompok dapat tercipta dan juga lebih menghemat biaya.
Dengan spesifikasi OLPC saat ini maka kolaborasi merupakan kendala karena hanya tersedia hanya satu keyboard dan satu mouse. Masalah ini dapat diatasi dengan adanya Microsoft Windows Multipoint Software Development Kit Inovasi teknologi yang dikembangkan Microsoft Research di India yang dapat menggunakan satu mouse untuk dipakai oleh banyak pengguna dalam satu komputer. Microsoft Indonesia meluncurkan teknologi seperti itu yang diuji coba di Yogyakarta dengan nama Microsoft MultiPoint dan MightyMice.
Dengan adanya teknologi Microsoft MultiPoint dan MightyMice, diharapakan kendala keterbatasan komputer dapat diatasi. Dengan menggunakan teknologi Microsoft MultiPoint dan MightyMice memungkinkan satu komputer dapat di pakai oleh 30 pengguna. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung proses pembelajaran di Indonesia sehingga proses pembelajaran dapat efektif dan interaktif.

Dengan menggunakan aplikasi ini mouse-mouse tersebut dihubungkan ke laptop menggunakan hub yang menggunakan USB port. Banyaknya kursor yang muncul sesuai banyaknya mouse yang dipasang. Aplikasi Multipoint dapat dijalankan pada sistem operasi Windows XP dan Office 2003 atau 2007, untuk softwarenya dapat didownload di situs resmi Microsoft. Aplikasi Mighty Mice diperoleh secara otomatis ketika mendownload Multipoint.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo