Fitur Terbaru Dari Gmail

gmaillogoGmail menawarkan fitur terbarunya kepada para pemakai untuk menggunakan https (Hypertext Transfer Protocol over Secure Socket Layer) dalam membuka layanan e-mail, hal ini dilakukan untuk mencegah data mereka yang sedang dibaca tersisipi oleh orang ke tiga. Gagasan di balik pemakaian protokol https memberikan sistem keamanan data para pemakai sebelum mengakses Gmail. Tim Gmail mengumumkan bahwa saat ini pengguna dapat memilih layanan login e-mail merekauntuk selalu menggunakan https ataupun sebaliknya hanya menggunakan http.

Satu opsi pengintegrasian pada tombol Settings yang mengizinkan para penggunanya untuk memilih perlindungan mengunakan https sekali-kali ataupun selalu login menggunakan https. Saat ini Gmail memberikan opsi yang menarik, kata Ariel Rideout seorang insinyur Gmail yang sedang menjelaskan hal tersebut di blog resmi Gmail, kelemahan dari protokol keamanan adalah membuat data yang akan diakses lebih lambat karena pada https layanannya lebih “Secure” dengan menggunakan enskripsi koding-koding matrix yang jumlahnya tak terhingga sehingga dalam pembacaan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan login menggunakan http. Komputer memerlukan usaha tambahan bandwitch atau kecepatan dalam mentransfer data untuk mengatasi proses enkripsi ini, maka para pemakai dapat secara bijak memilih menggunakan http atau https, pihak Gmail sangat menyarankan dalam pengaksesan login seharusnya menggunakan https karena akan menjamin data yang akan diakses.
Regu Gmail sebenarnya berusaha mengatasi kekacauan yang sering terjadi di Internet seperti sering terjadinya kecerobohan dalam menggunakan akses internet dan adanya hacker usil yang menyisipkan trojan maupun virus untuk merusak data pengguna Gmail. “Kami akan membangun produk yang solid untuk para pengguna Gmail dan akan menjamin keamanan, karena keamanan merupakan masalah yang penting bagi kami,” kata Rideout.
Protokol "https://" terutama dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan keamanan para penggunanya kapan pun mereka akan tersambung di internet dari satu jaringan ke jaringan yang lain mengggunakan sistem enskripsi. Dalam hal keamanan jaringan seharunya mereka perlu mempertimbangkan masalah kecepatan dalam koneksi jaringan. Setiap fitur baru memerlukan waktu untuk menjadi sempurna dan begitu juga dalam sistem enskripsi Gmail. Tim Gmail mengatakan bahwa mereka berusaha memperbaiki masalah yang muncul pada sistemnya, sama seperti pada Google Toolbar yang belum dapat diakses menggunakan protokol https.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo