Celah Keamanan DNS Internet

hacker
Pengguna Internet dibertahukan adanya celah pada sistem keamanan DNS mereka karena terkait telah ditemukan flaw baru. Salah seorang spesialis keamanan IOActive mengatakan bahwa saat ini telah terjadi celah DNS pada sistem flaw yang membuat para hacker leluasa dalam melakukan kontrol trafik di internet.

Hal ini akan sangat membahayakan karena akan merubah lalu lintas trafik pada situs internet, sebagai contohnya jika kita mengakses friendster.com maka kita akan diarahkan ke dalam situs buatan “hacker” yang menyerupai friendster. Fungsinya untuk mengetahui login pengguna friendster dan data-data pribadi para pengguna. Setelah mengetahui login pengguna friendster maka dengan mudah para hacker dapat merubah profil ataupun memasukkan trojan serta virus yang merusak jaringan Friendster. Ini hanya contoh kecil akibat terjadinya celah DNS pada sistem flaw dan mungkin contoh yang lebih tragis yaitu para hacker dapat mengetahui jejak login para pengguna bank yang sedang melakukan transfer secara online dengan melakukan transaksi bayangan.
Transaksi bayangan terjadi karena mereka merekam kode pin keamanan bank dan melakukan transaksi ilegal dengan menggunakan pin para pengguna bank yang online.
Dua minggu lalu terjadi perundingan para pakar keamanan internet mengenai celah pada DNS. Setelah melakukan riset yang mendalam terhadap permasalahan ini dan akhirnya salah seorang ahli komputer yang bernama Kaminsky menemukan solusi baru untuk menutup celah yang ia namakan “patch”.
Dengan adanya patch ini, maka celah yang terjadi pada sistem keamanan dapat ditambal. Untuk mengetahui ada tidaknya celah pada DNS kunjungilah situs Doxpara. Patch ini tidak secara otomatis diupdate, untuk itu diperlukan kecermatan yang teliti bagi para pengguna internet agar dapat melihat apakah DNSnya memiliki celah atau tidak.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo