Akses Internet Cepat Menggunakan IPoDWDM


Cisco merupakan perusahaan telekomunikasi yang memberikan jasa Internet. Saat ini cisco mengembangkan teknologi Internet Protocol over Dense Wavelength Division Multiplexing (IPoDWDM) yang memberi manfaat pada penyediaan layanan operator telekomunikasi.
Dengan adanya pengembangan teknologi IPoDWDM ini maka akses internet akan semakin cepat. IPoDWDM merupakan teknologi yang memanfaatkan inti jaringan Cisco Carrier Routing System (CRS-1) dengan titik akhir jaringan akan disediakan router seri Cisco XR12000 dan 12000.

Penggunaan Internet pada zaman sekarang menuntut kecepatan karena pada saat ini di Amerika penggunaan lalu lintas video meningkat tajam hingga mencapai 400 kali lipat pada tahun 2007 s/d 20012 bedasarkan laporan dari Cisco Visual Networking Index (VNI) Forecast and Methodology. Untuk itu penyediaan bandwich bagi pengguna internet maupun bagi pengusaha yang berdagang di internet diperlukan akses yang cepat dan murah.
Perkembangan dunia internet saat ini telah berubah tadinya orang hanya mengakses versi html sekarang mereka lebih menyukai mendownload versi video. Hal ini terlihat peningkatan penggunaan internet untuk mendownload video sebesar 12% pada tahun 2006 dan 22% pada tahun 2007, terjadi kenaikan 10%. Nantinya di tahun 20012 penggunaan internet untuk mendownload video semakin besar hingga mencapai 90% bedasarkan Video on Demand (VoD) dan IPTV.
Dengan meggunakan teknologi IPoDWDM terbaru dari Cisco, maka akan memberikan akses internet yang cepat dan stabil dan melipatgandakan jangkauan bandwithnya sampai dengan 2.0000 kilometer melalui jaringan Cisco Carrier Routing System (CRS-1).
Manfaat lain dari penggunaan teknologi ini yaitu memberikan harga semakin murah, bandwidth dapat mencapai 2.000 km, penggunaan listrik kecil, menghemat mesin pendingin lebih dari 50%.
Produk yang akan diluncurkan oleh Cisco ini mengunakan satuan zetttabyte yang setara dengan 1 tirlyun gigabyte dengan menggunakan teknologi ini kita dapat menampung video sebanyak 250 milyar DVD. Dengan kata lain sistem ini akan sangat membantu para pengembang Internet Service Provider (ISP) di dunia.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo